-->

BERBAGAI HAL YANG MEMPENGARUHI KECEPATAN INTERNET ANDA

Dari awal ditemukannya internet sudah memberikan kontribusi yang paling besar terhadapat perkembangan informasi. Kemudahan dan kecepatan yang menjadi faktor utama kenapa internet menjadi salah satu pilihan utama dalam penyebaran informasi. Namun yang menjadi kendala terkadang koneksi internet menjadi lambat. Berdasarkan pengalaman yafizlnb ada beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa internet menjadi lambat.
Paket internet (bandwidth internet)
Yang pertama adalah paket internet yang digunakan. Paket disini adalah paket yang anda gunakan untuk terhubung ke internet, misalanya speedy dengan beberapa tawaran paket. Telkomsel atau XL. Akan memberikan layanan kecepatan yang berbeda. Jadi jika ingin mendapatakan kecepatan internet yang memadai silahkan memilih paket internet yang memberikan kecepatan yang tinggi.
Kecepatan internet standar yang bisa digunakan untuk satu pc / laptop sekitar 512 Kbps sampai 1 Mbps, kebutuhan ini berbeda ketika mengunakan smartphone dmana kebutuhan bandwidth relatif lebih sedikit dibanding menggunakan komputer / laptop.



Konfigurasi jaringan
Konfogurasi jaringan anda sangat berpengaruh, biasanya hal ini berpengaruh ketika anda menggunakan wireless atau anda kebetulan mengelola koneksi internet anda sendiri. Sebagai contoh anda berlangganan speedy kemudian melakukan internet sharing menggunakan router seperti mikrotik. Kesalahan konfigurasi bisa saja terjadi disini. Dan akan mempengaruhi kecepatan internet yang anda gunakan.
Perangkat penerima
Hal selanjutnya yang mempengaruhi kecepatan internet adalah perangkat yang digunakan hal ini berlaku baik menggunakan modem atau perangkat sejenisnya. Sebagai contoh jika menggunakan modem portable kecepatan internet sangat berpengaruh dengan kwalitas signal yang digunakan dan ketahanan modem terhadap panas. Hal – hal seperti ini yang terkadang internet anda menjadi lambat.
Hardware Laptop atau komputer.
Laptop atau komputer juga terkadang menjadi penyebab internet lambat, tidak cukupnya RAM atau kecepatan processor yang tidak cukup, sangat –sangat berpengaruh kinerja hardware pendukung lainnya seperti Wifi atau Modem. atau berpengaruh terhadap kecepatan membukan web browser atau lainnya.
Virus atau mailware
Yang terkahir menurut pacarita penyebab internet lambat adalah virus atau mailware, terkadang anda tidak menyadari bahwa laptop anda terdapat virus atau mailware yang menggunakan koneksi internet untuk terhubung dengan host tertentu. Mailware bisa berupa apalikasi yang diinstall sendiri atau ikut dengan aplikasi lainnya yang tidak disadari oleh anda.
Inilah 5 hal menurut pacarita yang menjadi penyebab internet lambat, jadi kesimpulannya selain menggunakan bandwidth yang cepat, serta pemilihan perangkat yang tepat akan sangat berpengaruh dengan kecepatan internet anda.


Add Your Comments

Disqus Comments
ads here